Cara Menahan Anak Supaya Tidak Batal Puasa

Cara Menahan Anak Supaya Tidak Batal Puasa

Cara menahan anak supaya tidak batal puasa, atasi anak ngeyel ketika menginginkan membatalkan puasa padahal waktu berbuka hanya sebental lagi, temukan tips untuk orang tua cerdas,

Cara Menahan Anak Supaya Tidak Batal PuasaMarhaban Yaa Ramadhan, bulan yang suci dan berkah, kini hadir kembali di hadapan kita, dengan nikmat dan karunia yang Alloh SWT berikan kepada kita tentu kita harus mensyukuri dengan ibadah yang lebih khusyu dan lebih giat lagi, tentu nya dengan belajar memaksimalkan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan ini dengan perasaan ikhlas, gembira dan menahan hawa nafsu dan lapar dengan baik.

Mengenai persoalana anak di bulan suci Ramadhan, khususnya anak yang mulai besar antara kelas 3 sampai kelas 4 SD, tentunya ini harus menjadi perhatian kita sebagai orang tua, bagaimana supaya anak tersebut bisa belajar berpuasa, ini di lakukan untuk antisipasi kebiasaan berpuasa yang di teraplkan sejak dini.

Berpuasa yang seharusnya di terapkan pada usia anak 9-10 tahun seharusnya usia yang seperti itu harus bisa menahan lapar seharian, karena sudah banyak mungkin orang tua yang mengajarkan anaknya berpuasa sejak usia di bawah tersebut, yakni usia 6-8 tahun. Pada usia 9-10 tahun tersebut seharusnya anak harus di latih secara baik, demi menciptakan kebiasaan berpuasa dan hal ini sangat baik untuk masa depan anak tersebut di kala usia sudah mencapai baligh.

Baca : Obat Maag Cocok Saat Puasa

Lalu bagaimana cara menahan anak supaya tidak batal puasa, padahal, waktu sebentar lagi?

Ada beberapa cara yang perlu di praktekan di rumah kepada anak anda, ketika sang anak ngeyel untuk membatalkan puasanya, di antaranya sebagai berikut :

Usahakan Anak Untuk Tidur

Ketika anak mulai merayu anda untuk membatalkan puasa, padahal misalkan buka puasa hanya setengah jam lagi, usahakan anak anda tidur (walau tidur jam segitu kurang baik) akan tetapi demi menjadikan puasa anak anda full seharian, hal ini bisa di lakukan, agar rasa lapar pada andak bisa terlupakan dengan tidur.

Mengajarkan Hal Positif

Untuk anda khususnya ibu yang selalu ada di rumah, jika anak anda sudah mulai bosan dan lapar karena berpuasa, anda bisa mengajarkan anakn anda sesuatu yang positif, seperti halnya membaca Al-Qur’an, dengan membaca Al-Qur’an selain anda mendapatkan pahala yang Insya Alloh besar pada bulan puasa, dengan belajar Al-Qur’an juga bisa menambah potensi anak dalam membaca Al-Qur’an.

Berbalik Merayu Pada Anak Anda

Cara menahan anak supaya tidak batal puasa yang selanjutnya adalah dengan merayu berbalik kepada buah hati anda, jika waktu yang sebentar lagi atau nanggung, adakalanya anda memberikan penjelasan yang lembut yang membuat hati anak menjadi senang, dan termotifasi untuk melanjutkan puasa dan justru lebih giat lagi dalam melaksanakan puasanya, jadi usahakan anda merayu sang buah hati dengan cerdik ya..

Itulah beberapa tips mengenai cara menahan anak supaya tidak batal puasa, padahal waktu berpuasa hanya sebentar lagi. semoga bermanfaat dan semoga tamat puasanya di Tahun ini ya,, 😀

Baca Juga :Obat Tradisional Pelancar Haid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *